Saturday, October 29, 2011

Aku Ingin Seorang Teman - Eka Budianta

Aku ingin seorang teman
yang senyumnya bertahan
dalam gemuruh kota dan sunyi desa
Aku ingin seorang teman
yang tidak putus-asa di musim kemarau
dan tidak sombong di musim hujan

Aku ingin seorang teman
yang nafasnya tetap teratur
dalam keributan dan keheningan
Aku ingin seorang teman
yang bisa memisahkan urusan pribadi
dan kepentingan banyak orang.

Kalau boleh aku ingin memilih teman
yang tetap berpikir jernih
di dalam keruhnya zaman
yang sanggup mendengar
pujian maupun ejekan
yang tetap punya harapan
pada saat orang lain ketakutan
yang tetap bersih dan sehat
pada saat semua jadi jorok dan sakit-sakitan

Tetapi aku tahu semua teman bisa pergi
untuk sementara atau selamanya
Seorang teman bisa berkelit,
bisa jadi pikun atau pura-pura lupa
Sementara aku sendiri juga bisa mati
sebelum rumah persahabatan
selesai kubangun untuknya.

Karena itu aku ingin seorang teman
yang bersedia tinggal di hati-kecilku
dan memberiku ruang di dalam hatinya.

Wednesday, September 14, 2011

Menulis

Menulis, hmm, mungkin itu adalah salah satu hal paling berarti dalam hidup saya. Mungkin karena menulis itu adalah biimplikasi dari membaca, yang merupakan hobi saya dari umur 3 taun.

Mungkin satu hal yang gak pernah saya sadarin adalah bahwa betapa membaca dan menulis itu adalah hal utama yang membangun pribadi saya. Kata orang buku itu jendela dunia, yang artinya membaca berarti mengeluarkan kepala kita keluar jendela itu. Tapi kalo orang bilang buku itu jendela dunia, maka menulis itu berarti kita membuat jendelanya. Penulis bisa jadi adalah salah satu profesi paling mulia di dunia, tentunya dengan syarat dia menulis yang berguna. Kalo dokter menyelamatkan orang dari kesakitan, penulis menyelamatkan dunia dari kebodohan.

Dan bodohnya saya, mungkin saya telat menyadari, bahwa banyak hal berharga di dunia ini yang langsung Allah berikan pada kita waktu kita lahir, dan hal itu bukanlah sesuatu yang akan selalu ada selamanya tanpa usaha kita, hal-hal itu diberikan untuk kita jaga dan kita manfaatkan untuk umat manusia.

Saturday, June 18, 2011

End of The Year Reflection

Well, ada satu benda yang selalu tertanam di otak dan hati saya, benda itu adalah buku, tulisan, atau apapun kalian memanggilnya. Sejak kecil ibu saya pergi ke kantor meninggalkan saya dalam tumpukan buku, membiarkan saya bermain, melihat, membaca, dan yang paling penting membukakan jendela pengetahuan dalam hidup saya.
Ada satu hal yang sangat berharga di dunia ini, dan hal itu adalah keingin tahuan. Rasa ingin tahu yang diikuti dengan kemauan untuk belajar adalah satu hal yang akan selalu membawa kita ke puncak kesuksesan.

Back to real life, here I am sitting here, writing. Yeah, writing is one of my favorite thing to do, and unfortunately like a lot of people say about their positive hobby, I don't have a whole lot of time to do it. Mungkin itu adalah salah satu hal yang hilang dari diri saya, menulis. Menulis selalu menjadi tempat saya mencurahkan segala isi hati saya juga membuat saya belajar banyak, karena tanpa belajar kita tidak akan bisa menulis apapun.

Now back to the title, yes this is the END OF MY YEAR! Saya bener-bener gak bisa percaya kalo ternyata saya cuma punya satu minggu lagi di sini! Tadinya saya pikir paling enggak saya punya 3 minggu lagi tapi ternyata enggak! Ini bener-bener minggu terakhir saya di sini!

Kalau mau tau perasaan saya gimana, hmmm... Saya punya banyak banget pengalaman juga tantangan di hidup ini, hampir semua hal besar yang saya lakuin saya udah pernah ngalamin sebelumnya, dan itu membuat saya gak terlalu tegang. Tapi belum pernah sekalipun dalam hidup saya, saya punya perasaan kayak gini, perasaan akan meninggalkan suatu tempat tanpa tahu kapan akan kembali.

Well, if you asked how was my year, it was awesome! No question about that! One obvious thing, I learned A LOT, and what I mean by a lot is A LOT. Never in my life I learned so much before this.

Tapi jujur tantangan juga tekanan banyak, tahun ini mengajari saya untuk melihat diri saya dari sudut pandang orang lain, mungkin itu adalah hal yang paling penting yang saya dapetin. Saya belajar untuk menjadi anak paling kecil, saya belajar untuk menjadi pengikut, bukan selalu atasan. Saya belajar untuk melihat Indonesia dari sudut pandang orang lain, saya belajar untuk melihat Muslim dari sudut pandang orang lain, saya belajar bahwa kita bisa belajar dari orang lain dan yang paling penting saya melihat diri saya sendiri dari sudut pandang orang lain!

Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup. Mungkin keangkuhan adalah setan paling besar di dunia ini, bukan cuma karena dia menyakiti orang lain, tapi dia memakan hati kita sendiri. Saya sadar ada perasaan sombong di hati saya dan setiap saat saya merasa kayak gitu, Allah selalu memberi hukuman, menjaga supaya hati saya tetap rendah.

Banyak hal yang saya pelajari taun ini, satu hal yang saya harap tidak akan pernah hilang dari saya adalah rasa keingintahuan juga kerendahan hati untuk mau belajar dari orang lain, dan semoga tidak akan pernah sedikitpun ada kesombongan melekat di hati saya atas semua saya yang saya capai, karena sesungguhnya semua ini bukan karena saya, semua ini semata karena Allah SWT menginginkannya.

Monday, April 4, 2011

Niagara Falls



Niagara Falls, hmmm kayaknya emang gak sreg kalo tinggal di Western NY tapi gak pernah kesini. Yep, ini adalah air terjun terbesar di dunia (terbesar ya bukan tertinggi). Niagara Falls terbagi jadi dua yaitu Horseshoe Falls dan American Falls. Horseshoe mempunyai ketinggian sekitar 53 m dan American sekitar 30 m. Air yang jatuh di Niagara Falls ini rata-ratanya 1400 meter kubik per detik.

So anyway, Niagara Falls is a really pretty place. Waktu saya ke sana itu lagi Fall dan cuaca lumayan dingin, seandainya saya dateng lebih dulu sekitar Summer mungkin saya bakal bisa naik boat di bawah air terjun dan mendekat ke air terjunnya.

One interesting fact : Niagara Falls is officially American's, but it's prettier from Canadian side.

So, it's probably the best spot in WNY. If you going to Buffalo, or even my city Silver Creek! Don't forget to visit Niagara Falls :)

Football's Letter

I wrote this for AFS USA, because they trying to find a stories. It might be expired for now since but it's still a good feeling to remember what we've been through and make me feels appreciate more about myself.


There is one thing that I promise I will always tell future exchange students to do when they doing this, JOIN A SPORTS TEAM! Yeah, sport is the best thing that I got here, I can’t imagine my life without my football team. I’m hosted in Silver Creek, NY. I love American Football and all I want before I came here just watch the game and have fun, because I know most of American school doesn’t allowed Asian exchange student to join the football team, because it’s a tough sport and most Asian have small posture. But fortunately, I’m a big boy with willingness to try and get hit, so the coach allowed me to join the team, and here I am! American Football player!

           Why is it so important? Isn’t it just sport and just play and win or lost and that’s it? No, it’s more than that. Football is everything for me. I learn friendship, family, care, strong, teamwork, popularity, willingness and even love from Football. One special thing when you join a sport is you know somebody before the school start because usually sport season start before the school start. I remembered my first football practice and I can’t go practice because it’s Ramadan (fasting month for Moslem) and I’m fasting so I just come to watch the practice and the coach shake my hand and said, “Welcome to the team”, and then the players come to me and ask my name and we get along really well. When the school started, the football team are the one that always help me with everything, if I don’t know where to go, if I have some problem and also sit with me at lunch and I’m not even practice yet!

           Everything’s going well and finally after Ramadan end I can practice and I remembered how proud I am to wear the football helmet and proctector and go practice. And finally one day, it’s a home game versus Sherman and it’s 4th quarter, the coach said, “Adit, get in there!”, and I’m officially an American Football player since that second, a day that I will never forget in my life.

           We are pretty strong team so we keep going to the playoff and finally we have a sectional championship game at Ralph Wilson Stadium (Buffalo Bills Stadium). We played against Randolph, which is last year champion so it will be a tough opponent. But finally we won! After an amazing and really close game we won 21-14 and we are the champion of Western NY! Can you imagine how I felt? An ordinary guy that playing with rubber American football in Indonesia and all he wanted just watch a football game now a champion in an NFL team stadium! It was amazing and special day, the best day in my life, when my dreams come true.

           Unfortunately, I missed next game because I had to go to Virginia with my cluster for a trip, so all I can do just watch the game from the computer. And what a bump for me when I know that they lost the game, and the worst thing is I can’t be with my team in the last day of football this season.

           Later on, we have a banquet, a football banquet. Everyone come with their parents and of course I come with my hostmom. The Senior come up and the coach talked about each of us. He told me about a secret, that he didn’t expect me to do this good at all at first. When my host family asked him that there is an Indonesian exchange student that never play American football in my life and want to join the team but he can’t practice until for a month because he had to fast all he think just, “What am I supposed to do?”, so he just accept me to the team and he thought I just gonna be one of the player that just come to one practice and left because it’s too hard. But he said that, what he got is a student that really want to learn and never stop to try even thought he knew he’s not good enough to be a star player. And he said that if I was born in America, I would be a good Football player.  I just feel amazing and special, speechless. I don’t what I should say to him, he just the best coach in the world. But the excitement didn’t finish yet, they gave me a football with the entire team signature, and that’s 1 of 3 football that we used at Ralph Wilson Stadium. I just can’t ask for more, I love this place and I love my life. And when the trophy come, I see my name carved on it, forever. And at that moment I know, I’m not just exchange student for one year here. I am part of Silver Creek, and I will always love Silver Creek, and everytime they see the trophy they will remember that I’m always there.

Christmas Concert


A little flashback, back to Christmas 2010. I'm in the band high school band and I played as a percussionist. This song called Bandology and I played bass drum in this song. What a lovely day :)

Thursday, March 24, 2011

Bina Antarbudaya Chapter Bandung Mulai Pendaftaran!




Bina Antarbudaya Chapter Bandung mulai buka pendaftaran!
Berikut adalah tata cara pendaftaran seleksi year program Bina Antarbudaya Chapter Bandung 2012-2013.
Pertama, siapkan berkas-berkas berikut:
  1. Surat izin orang tua, yang dapat diunduh pada halaman panduan
  2. Surat Rekomendasi Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah
  3. 2 (dua) buah stofmap-folio berwarna biru
  4. 2 (dua) buah salinan ijazah (STTB) beserta salinan nilai ijazah SMP yang telah disahkan/dilegalisasi (cap asli) oleh Kepala Sekolah
  5. 1 (satu) buah salinan nilai SKHU UAS dan UN SMP
  6. 1 (satu) buah salinan rapor kelas IX SMP (Semester II) yang telah disahkan/dilegalisasi (cap asli) oleh Kepala Sekolah
  7. 1 (satu) buah salinan rapor kelas X SMA/SMK/MA (Semester I) yang telah disahkan/dilegalisasi (cap asli) oleh Kepala Sekolah
  8. 1 (satu) buah salinan Akte Kelahiran
  9. 4 buah pas foto: 2 berukuran 4×6, 2 berukuran 3×4
  10. 1 (satu) buah salinan paspor (halaman pertama, yang ada fotonya),bagi yang sudah memiliki paspor.
Lalu beli PIN pendaftaran online seharga Rp35.000 di:
  • Sekretariat Bina Antarbudaya Chapter Bandung, Jalan Aria Jipang No. 6,
    Hari Jumat pukul 14.00 – 17.00 (mulai 25 Maret 2011),
    Hari Sabtu dan Minggu pukul 13.00 – 16.00 (mulai 19 Maret 2011), atau
  • Mulai 26 Maret 2011, Kantor Cabang Telkomsel/GraPARI terdekat (terutama bagi yang berdomisili di luar Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi)*
Setelah adik memiliki PIN, kunjungi http://seleksi.binabudbdg.org/ untuk memulai pendaftaran online. Adik akan dipandu melalui situs tersebut. Nggak lebih susah dari bikin akun FB kok.
Panduan selengkapnya dapat diunduh di sini dan sini.
Seperti biasa, jika Adik memiliki pertanyaan, silahkan komen di blog ini, mention @afsbandung, email seleksi@binabudbdg.org, atau teleponAdinda di 08179273033.
Jangan lupa, pendaftaran hanya dibuka hingga tanggal 17 April 2011. Lebih cepat, lebih baik!
UNTUK INFO LEBIH LENGKAP, BUKA WEBSITE BINA ANTARBUDAYA

AFS Model!

This is my picture with Mom that AFS USA using as Facebook Profile Picture, check it out!

Hosting with AFS USA

Monday, March 21, 2011

Believe


Because everything start from believing

Monday, January 3, 2011

Goodbye Amazing 2010, Creating the Better 2011

Wah gak kerasa ya rasanya baru kemaren saya nulis post resolusi 2010 dan tiba2 udah 2011 lagi! Allright but this one a lil bit different, since I'm in America now!
 
School

School was amazing! I feels like the right man in the right time and right place!
The difference in this year is I'm studying in USA (it's a big different!)
I got really bad grade in my junior year in Indonesia, probably the worst in my life, but I got extremely great grade in Silver Creek High School, yeah everything's going great about school!

Subject & Grade
Like what I mentioned before, bad grade in Indonesia, great grade here, because everything is easier in USA than Indonesia

Organization
Kalo saya bilang organisasi di 2009 adalah salah satu yang paling baik, in 2010 it's even get better! Yang paling berkesan tentunya seluruh organisasi bersama AFS dan terutama jadi ketua angkatan AFS/YES 2010-2011! Kebayang kan gimana rasanya jadi ketua dari anak2 pilihan di Indonesia, I'm proud of them :) nothing's better than AFS in this year :)
 Ketua Bali Stoned 2010 : Let's Get Lost In Bali (ini masih terhitung 2010 kan? :D)
Seksi Publikasi Seleksi AFS Chapter Bandung 2011/2012
Ketua Angkatan AFS/YES Indonesia 2011
Silver Creek High School Key Club
AFS WNY Scholarship Cluster
 
Being an AFS Family feels great for me, got a lot of experience, friends, and family of course! Family is the best part, and I starting to feel that family is not just our "family" but is more than that! Family is people that you spent most of your time together! I love my family!
 
Activity
Kegiatan hampir semuanya berhubungan dengan AFS (ya itu emang karena saya lagi exchange jadi ya banyak banget kegiatan bersama AFS terutama sama WNY Cluster)  
American Football! It's a dream come true! Ya saya nunjukin buat semua orang buat jangan berhenti buat bermimpi, karena setinggi apapun mimpi kita, kita tetep bisa raih. Rasanya baru kemarin saya berusaha buat nyari bola karet football di seluruh Bandung dan bermimpi suatu hari bisa ketemu Tom Brady, dan saya baru aja ketemu Tom Brady di Bills vs Patriots tanggal 26 Desember 2010 kemarin! Don't be afraid to dream but realize your dream :)
Semua aktivitas AFS terutama yang bareng WNY Cluster adalah waktu terbaik saya di sini, I love my cluster!

Achievement
The best achievement of course being YES Student and AFS/YES Indonesia 2011 Class President! But I have a lot achievement too this year, a lot of unforgettable moments :) My football year is the best thing I ever got too here, I love American Football!

  • 3rd Champion Internation Education Week AFS USA
  • Silver Creek Christmas Concert 2010 Percussionist
  • Section VI Varsity Football New York State Champion at Ralph Wilson Stadium

Love
Hmm 2009 udah ngasih saya banyak rasa sakit yang saya pake buat memperbaiki diri selama 2010, di 2010 kemarin saya udah jadi orang yang jauh lebih tegar dan kuat daripada sebelumnya.
Aya juga pastinya satu2nya cewe buat saya di 2010 ini dan mudah2an seterusnya :) Dia adalah jawaban atas doa saya di taun 2009 :) I love you Ay :)
Friendship
Pertemanan udah luas banget, world seems so small!
Pertemanan adalah salah satu jiwa saya untuk menjalani segalanya di 2010 kemarin.
Sahabat paling utama pastinya Ben, Polina, Nalom, Arsen, David, David Barnes, TJ, Drew, Steve, Tye
Juga banyak temen2 yang lain yang pastinya selalu ngebantuin terutama dari football team, Cody, Frankie, Andrew, Larry, Stockman, dan masih banyak lagi yang gak bisa disebutin satu2
Yang jelas teman adalah salah satu alasan kenapa saya bisa ngelewatin segalanya taun 2010 kemarin :)

Knowledge
Unlimited resources!
Gak nyangka ternyata selama ini yang kita tau cuma sepotong kecil dari dunia, dan banyak banget pengalaman yang saya dapet di taun 2010 kemarin. Knowledge is priceless!
 
Keeksisan
 Hahaha lucu juga yang satu ini ya, cukup eksis sih kayaknya, biarpun gak over. Salah satu tipe orang yang paling saya benci adalah yang over eksis, yang cuma ngasih popularitas tanpa kualitas dan egois buat dirinya sendiri. Karena itu saya selalu berusaha supaya dikenal orang sambil mengenal orang lain juga, karena itu salah satu cara terbaik buat menghargai dan dihargai.
 
Behaviour
Kelakuan udah jauh lebih baik dari sebelumnya, kalo sebelumnya mau selalu menang dan gak pernah mau ngalah, paling enggak sekarang udah berusaha buat gak selalu ngerasa bener dan dengerin pendapat orang lain, terutama di tempat dimana kita orang baru sama sekali kita harus banyak dengerin kata2 orang lain.
 
Kedewasaan
Baru ngerasa jauh lebih dewasa, terutama dalam disiplin diri sendiri karena disini banyak pekerjaan yang butuh tanggung jawab juga disiplin. Banyak pekerjaan rumah yang rasanya hampir gak pernah saya lakuin di Indonesia, jadi terbiasa sama rutinitas, juga jadwal yang padat bikin jadi gak pemales lagi :D Semoga selalu lebih baik :)
 
Keuangan
Keuangan saya taun ini kayaknya kelewat sehat, entah kenapa saya emang gak banyak ngabisin uang buat hal2 gak penting, sebelum cek 125 USD bulan lalu abis udah dateng cek baru lagi dan uang bertumpuk di laci jadi gak tau mau diapain, tapi saya coba berusaha selalu hemat di sini, mungkin saya baru bakal make uang itu di akhir taun buat beli oleh2, tapi gak tau deh ini gimana cara bawa oleh2nya banyak banget :))

Kesehatan
Much Better!
Habis sakit pas pertama nyampe sini, yang emang wajar karena terlalu capek dan melelahkan banget, rasanya baru beberapa kali saya sakit dan biasa aja. Mungkin faktor utama adalah karena banyak olahraga, entah kenapa olahraga di sini gampang banget dilakuin karena emang gym class ada tiap 2 hari sekali dan terutama latihan football juga, jadi kesehatan buat taun 2010 meningkat drastis!
 
Pencapai di 2010
Pencapaian paling utama yang jelas jadi AFS/YES Students 2011 sekaligus ketua angkatan. Karena mulai detik itu banyak pencapaian yang saya dapetin. 
Tim football juga ngasih banyak banget pencapaian buat saya, mulai dari player, WNY Champion juga mungkin kesempatan jadi high school student pertama dari Indonesia yang datang ke NFL stadium sebagai pemain :D

Kesan 2010
Banyak banget kesan di 2010 ini, ini adalah tahun terbaik sepanjang hidup saya sejauh ini, tapi saya harap bukan yang terbaik selamanya karena saya pastinya mau taun depan bakal lebih baik dari taun 2010.

Kesan utama yang saya dapetin dari 2010 adalah betapa pentingnya keluarga, semua yang saya dapetin itu berasal dari keluarga. Dan keluarga di sini termasuk "extended family" juga, jadi bukan sekedar keluarga kita langsung juga, tapi orang2 yang dengan mereka kita habiskan waktu kita :)

Mulai dari mama, papa, nadia yang selalu ngedukung dalam semua kegiatan yang saya jalani. Buat di Amerika pastinya Mom, Dad, Jordon, Meghan yang selalu bantuin dalam segala hal dan bikin tiap waktu saya di sini berharga. Dan pastinya gak mungkin bisa lupain Drew, Steve, David, TJ, dan semua football team yang selalu bersedia nolong setiap saat. Ben, Polina, Nalom, Arsen juga selalu bikin waktu saya indah di sini, juga Carol yang udah ngasih kesempatan buat kita bikin pengalaman sebanyak2nya.

Dan yang pasti, Aya, ya mungkin Aya bukan keluarga, ato lebih tepatnya belum jadi keluarga, tapi dia selalu ngasih dukungan yang terbaik buat saya, bikin semua waktu saya disini tenang dengan tau bahwa ada seseorang yang selalu sayang sama saya jauh disana tanpa harus khawatir dia bakal pergi :D

Nothing's better than a family :)

Yang mesti diperbaiki di 2011
Hmm mungkin kalo ada yang mesti diperbaiki gak terlalu banyak, karena banyak perbaikan yang saya lakuin terutama di akhir 2010. Tapi yang paling penting buat saya inget adalah selalu mempertahankan semua kebiasaan baik yang saya lakuin di sini dan selalu menambah itu jadi lebih baik lagi. Terutama semangat dan motivasi! Karena kadang dapetin motivasi buat ngelakuin sesuatu itu susah banget jauh dari yang kita pikirkan. Semoga juga di 2011 ini iman saya semakin kuat karena banyak banget ujian soal agama di sini dan betapa kerasa perjuangannya di sini.

Saya  berharap di 2011 ini saya selalu jadi orang yang mau belajar tanpa menyerah, rajin dan semangat juga selalu peduli sama orang lain. Juga selain bisa membimbing diri saya sendiri bisa juga membimbing orang lain terutama karena saya punya banyak tanggung jawab selain diri saya sendiri. Semoga saya bisa jadi orang yang berguna bukan hanya bagi saya sendiri tapi buat banyak orang juga :)

New Year is not a start over, New Year is another blank white paper
New Year doesn't mean forget the Old Year
Old Year gave us experience, New Year give us opportunity
Creating a Better Future of Indonesia!


"The future is always beginning now"

Bandung, 1 Januari 2011
~Aditya Nugraha~