Saturday, June 18, 2011

End of The Year Reflection

Well, ada satu benda yang selalu tertanam di otak dan hati saya, benda itu adalah buku, tulisan, atau apapun kalian memanggilnya. Sejak kecil ibu saya pergi ke kantor meninggalkan saya dalam tumpukan buku, membiarkan saya bermain, melihat, membaca, dan yang paling penting membukakan jendela pengetahuan dalam hidup saya.
Ada satu hal yang sangat berharga di dunia ini, dan hal itu adalah keingin tahuan. Rasa ingin tahu yang diikuti dengan kemauan untuk belajar adalah satu hal yang akan selalu membawa kita ke puncak kesuksesan.

Back to real life, here I am sitting here, writing. Yeah, writing is one of my favorite thing to do, and unfortunately like a lot of people say about their positive hobby, I don't have a whole lot of time to do it. Mungkin itu adalah salah satu hal yang hilang dari diri saya, menulis. Menulis selalu menjadi tempat saya mencurahkan segala isi hati saya juga membuat saya belajar banyak, karena tanpa belajar kita tidak akan bisa menulis apapun.

Now back to the title, yes this is the END OF MY YEAR! Saya bener-bener gak bisa percaya kalo ternyata saya cuma punya satu minggu lagi di sini! Tadinya saya pikir paling enggak saya punya 3 minggu lagi tapi ternyata enggak! Ini bener-bener minggu terakhir saya di sini!

Kalau mau tau perasaan saya gimana, hmmm... Saya punya banyak banget pengalaman juga tantangan di hidup ini, hampir semua hal besar yang saya lakuin saya udah pernah ngalamin sebelumnya, dan itu membuat saya gak terlalu tegang. Tapi belum pernah sekalipun dalam hidup saya, saya punya perasaan kayak gini, perasaan akan meninggalkan suatu tempat tanpa tahu kapan akan kembali.

Well, if you asked how was my year, it was awesome! No question about that! One obvious thing, I learned A LOT, and what I mean by a lot is A LOT. Never in my life I learned so much before this.

Tapi jujur tantangan juga tekanan banyak, tahun ini mengajari saya untuk melihat diri saya dari sudut pandang orang lain, mungkin itu adalah hal yang paling penting yang saya dapetin. Saya belajar untuk menjadi anak paling kecil, saya belajar untuk menjadi pengikut, bukan selalu atasan. Saya belajar untuk melihat Indonesia dari sudut pandang orang lain, saya belajar untuk melihat Muslim dari sudut pandang orang lain, saya belajar bahwa kita bisa belajar dari orang lain dan yang paling penting saya melihat diri saya sendiri dari sudut pandang orang lain!

Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup. Mungkin keangkuhan adalah setan paling besar di dunia ini, bukan cuma karena dia menyakiti orang lain, tapi dia memakan hati kita sendiri. Saya sadar ada perasaan sombong di hati saya dan setiap saat saya merasa kayak gitu, Allah selalu memberi hukuman, menjaga supaya hati saya tetap rendah.

Banyak hal yang saya pelajari taun ini, satu hal yang saya harap tidak akan pernah hilang dari saya adalah rasa keingintahuan juga kerendahan hati untuk mau belajar dari orang lain, dan semoga tidak akan pernah sedikitpun ada kesombongan melekat di hati saya atas semua saya yang saya capai, karena sesungguhnya semua ini bukan karena saya, semua ini semata karena Allah SWT menginginkannya.