Sunday, January 1, 2012

Leaving 2011, Struggle for The Best 2012

Emang bener kalo waktu tuh gak nahan banget majunya, gak kerasa udah 3 tahun berturut-turut saya ngelakuin refleksi diri ini. Mungkin emang hikmah paling besar dari pergantian tahun adalah kita bisa make momen itu sebagai patokan, berapa banyak prestasi yang udah kita dapetin ke belakang, berapa banyak yang mau kita raih, apa yang salah, apa yang patut dipertahankan, dan sebagainya. Kebayang ya kalo hidup gak ada patokan? Pasti arahnya gak jelas. Karena itu mari kita sambut 2012 dengan gembira!!
 
School
Back to earth, kali ini cerita sekolah di Amerika sudah selesai. Dan kembalilah kita ke sebuah pabrik robot berlabel SMA di negara kita tercinta ini. Sekolah bakal jadi fokus utama di tahun 2012 ini. Kalo waktu kelas 11 dulu saya santai banget, ditambah setaun di Amerika yang juga gak kalah santainya, tahun 2012 ini bakal jadi tahun akademik banget. SNMPTN bakal jadi salah satu jembatan hidup yang harus saya lewati, dan karena itu juga saya harus ngehadepinnya dengan serius banget. Karena buat mendapatkan cita-cita, kita harus menggapainya, kalo kita diem aja ya gak akan dapet-dapet. Wish me luck for SNMPTN!

Subject & Grade
Hmmm boleh dibilang setelah saya pulang dari Amerika, salah satu hal akademis yang paling penting saya dapetin adalah cara belajar. Setelah mengalami dua cara belajar yang beda banget, hapalan dan konseptual, saya nemuin cara belajar yang bikin saya mikir "oh ternyata belajar itu gak sesusah yang saya pikirin", sekarang tinggal gimana caranya mempertahankan semangat dan motivasi belajar yang jangan pernah sampe padem di tengah jalan. Juga jangan lupa buat jangan pernah ngerasa udah pinter dan puas, karena rasa puas adalah awal dari keruntuhan seseorang.

Organization
Hmmm buat yang satu ini justru berkebalikan banget, kalo misalnya 2009 dan 2010 adalah tahun-tahun terbaik saya dalam berorganisasi. Justru di tahun 2011 kemarin, semangat berorganisasi malah jadi berkurang. Emang aneh sih. Tapi mungkin itu dipicu rasa jenuh juga karena terlalu banyak yang diurusin, sampe urusan diri sendiri banyak yang kelewat dan akhirnya banyak juga hal yang terlupakan. Tapi yah nikmatin aja, toh hidup ini kan gak selalu di atas. Roda selalu berputar, kadang kita di atas, kadang kita di bawah. Jadi nikmatin aja hidup ini, semua kan pasti ada hikmahnya :)
 
Activity
Boleh dibilang aktivitas yang paling saya senangi selama 2011 ini adalah belajar. Tahun ini adalah tahun comeback-nya semangat belajar saya. Rasanya haus akan ilmu. Dan juga hal yang paling saya senengin adalah karena saya bisa kembali membaca! Ya, rasanya udah lama banget saya berpisah dengan buku-buku yang saya sayangin banget, dan akhirnya taun 2011 kemaren saya banyak bernostalgia dengan buku-buku lama, juga baca banyak buku-buku baru. Rasanya buku selalu ngasih ketenangan sendiri buat saya.
Achievement
Hmmm achievement ya. Kalo dibilang achievement nyata selama 2011 sih masih tetep akhirnya jadi returnee AFS/YES. Predikat sebagai returnee mungkin bakal bermanfaat banget buat kehidupan saya ke depannya entah dalam bentuk apa. 
Kalo soal akademis belum ada yang nyata banget, tapi sejauh ini nilai Try Out saya di Inten cukup baik, selalu 20 besar di Inten Bandung, dan selalu 10 besar di Inten Cabang Aceh. Bahkan kalo di Cabang Aceh, saya hampir selalu dapet rangking 1 dari semua anak reguler. Tapi yah, itu kan cuma sekedar nilai try out aja. Gak bisa ngasih kita apa-apa. 
 
Love
Kalo boleh jujur sebenernya 2011 ini ditutup dengan pahit banget. Desember boleh jadi selalu jadi bulan yang gelap banget di hidup saya. Hubungan yang udah berjalan hampir 2 taun akhirnya harus berhenti dulu (soalnya saya belum terima kalo disebut berakhir entah kenapa), tapi saya coba ambil hikmahnya aja dari semua ini, mungkin di sini juga kesetiaan sama kepercayaan diuji. Yang jelas saya bener-bener berharap di 2012 nanti hubungan saya bisa baik lagi.
 
Friendship
Lagi-lagi di tahun ini saya ditantang buat adaptasi lagi sama lingkungan baru. Tapi ternyata emang adaptasi itu gak jadi masalah besar banget. Ternyata di 2011 ini, biarpun  temen-temen yang lama udah sibuk masing-masing dengan kuliahnya, tapi temen-temen yang baru bermunculan, terutama temen-temen sekelas di Taruna Bakti. Panjul, Haidar, Aristo, Genki, Rendy, Mbe, Dhee, Hafiz, Bundo, dan semua temen-temen lain pokoknya bikin saya makin semangat sekolah! Tapi yang emang tetep masih belum berubah sih ya si Agra, kayaknya sampe kakek-kakek juga kita bakal selalu sahabatan. Yah teman emang datang silih berganti, tapi yang penting kenangan dan hal berharga yang kita lakuin bareng-bareng gak akan pernah hilang dari ingatan :)

Knowledge
Ada satu hal penting banget yang saya dapetin soal pengetahuan. Life is a non-stop learning process. Saya udah tahu hal ini dari dulu, tapi baru sekarang saya bener-bener nyadarinnya. Kalo masih banyak banget hal yang belum saya ketahui di dunia ini, dan masih banyak banget hal yang bisa dipelajari juga digali. Sempet tahun kemaren saya ngerasa kering akan mimpi karena saya ngerasa udah banyak banget yang saya raih. Tapi saat ini saya sadar bahwa gak pernah ada batas untuk kemampuan, hidup itu adalah pelajaran dan saat kita berhenti belajar, saat itu juga kita berhenti hidup!

 
Keeksisan
Hahaha gimana ya. Kalo soal eksis sih dari dulu juga saya bukan orang yang super eksis juga. Tapi taun kemaren kayaknya keeksisan cukup terjaga sih. Mungkin gak sebaik taun sebelumnya. Tapi paling enggak saya tetep dikenal orang-orang. Mudah-mudahan saya selalu dikenal sebagai orang yang selalu ngasih kebaikan :)
 
Behaviour
Wah, banyak banget rasanya pencerahan baru yang saya dapetin soal sikap. Kalo selama di Amerika saya belajar buat ngehargain perbedaan juga pendapat orang lain. Setelah pulang saya ngerasa banyak yang harus diperbaikin tentang kehidupan sehari-sehari saya. Mungkin biarpun sejauh apapun saya udah pergi, masih ada satu batasan kehidupan yang belum saya lewati. Masih ada dinding pemisah antara saya dengan dunia nyata. Yah mungkin saya harus belajar juga jadi orang yang lebih realistis ngehadepin kehidupan, tapi saya juga gak akan pernah lupa saya prinsip-prinsip yang selalu saya pegang teguh selama ini. Karena terlalu berpikir realistis bisa ngejeblosin kita terlalu dalem ke masalah duniawi.
 
Kedewasaan
Saya sempet inget kata-kata Pak Ade, guru konseling saya waktu di SMP Salman Al Farisi. Dulu beliau bilang saya adalah orang yang terlalu cepat dewasa. Saat orang-orang masih berlaku seakan mereka hidup selamanya, saya udah mikirin gimana manfaatin hidup yang pendek ini sebaik-baiknya. 
Tapi justru, ada satu sisi yang mungkin baru saya liat, bahwa kedewasaan itu bisa ngejeblosin kita ke dunia yang terlalu realistis, kaku dan tanpa mimpi. Kebanyakan orang dewasa gak pernah lagi mau ngerubah sifat-sifat jeleknya karena mereka ngerasa itulah diri mereka dan mereka ngerasa itu udah gak bisa dirubah lagi, padahal kalo misalnya mereka nyadarin hal itu jelek dan ngerubahnya, mungkin hidup mereka bisa lebih bahagia. Semakin dewasa juga orang kehilangan rasa keingintahuan karena merasa udah meraih banyak hal, karena itu penting banget punya jiwa seorang anak kecil yang haus akan pengetahuan.

Entahlah, tapi saya berharap saya bisa jadi orang dewasa yang selalu punya semangat anak muda, tanpa pernah lelah buat selalu menjadi pribadi yang lebih baik. Hal ini juga makin menguatkan pandangan saya bahwa hidup itu harus selalu seimbang.
 
Keuangan
Keuangan baik-baik aja sih kayaknya, yah tapi entah kenapa akhir-akhir ini saya kayaknya jumlah uang yang saya punya harus dikurangin, biar saya bisa lebih rajin nabung dan juga mulai kebiasaan buat selalu hemat dalam ngegunain uang. Yah, mudah-mudahan semua uang yang saya pake dan dapatkan nanti selalu halal dan berkah. Amin.

Kesehatan
Hmm boleh dibilang ini salah satu hal yang improved juga tahun ini. Kesehatan saya jauh lebih membaik, mungkin sisa-sisa sering olahraga selama di Silver Creek bikin badan lebih bugar, dan setelah pulang juga masih paling enggak seminggu sekali ada olahraga jadi badan lumayan seger. Mudah-mudahan kesehatan saya selalu terjaga di tahun 2012 ini terutama di saat-saat yang genting kayak ujian, karena gak ada yang lebih gak lucu dari sakit waktu SNMPTN.

 
Pencapaian di 2011
Mungkin belum terlalu banyak yang bisa dicapai di 2011 ini. Karena sekarang saya berada di tengah perjalanan. Tapi yang jelas pastinya pencapaian utama tahun ini adalah menyelesaikan tahun di Amerika dan kembali dengan status Returnee di bahu kita. Predikat yang bakal ngebawa kita menuju kesuksesan atau kejatuhan tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.

Kesan 2011
Yah saya harus bilang kalo banyak banget sedih dan seneng yang terjadi di 2011. Kalo dibandingin 2010 yang hampir semua isinya seneng, 2011 lebih banyak cerita sedihnya, karena diawali dengan mau pulang dari Amerika, dan diakhir dengan sudah pulang dari Amerika.

Mungkin yang paling bakal saya inget dari 2011 ini adalah betapa pentingnya buat selalu rendah hati setinggi apapun kita. Sesuatu yang saya dapetin di akhir tahun saya di Amerika sebelum saya pulang. Dan hal itu saya yakin suatu saat bakal bermanfaat banget buat diri saya.


Kalo hidup katanya selalu berputar, saya percaya banget itu. Dulu mungkin temen-temen saya ngeliat saya sebagai orang yang hebat dan bisa dapet beasiswa ke Amerika, tapi sekarang saya yang harus ngeliatin mereka menikmati masa kuliah mereka sementara saya di sini masih belajar dan belajar terus. Emang hidup tuh selalu berputar, tapi gimana caranya kita gak ngerasa kecil hati saat kita di bawah, dan gak ngerasa sombong saat kita di atas. Jangan pernah sombong di musim hujan, dan jangan pernah menangis di musim kemarau.


Boleh dibilang saya seneng banget 2011 ini berganti jadi 2012, rasanya ada suasana baru di hati saya waktu ngehadepinnya. Yah pada akhirnya ini hanyalah chapter baru dari kehidupan yang panjang ini, kertas kosong sudah ada, pena sudah ada di tangan kita, tinggal apa yang akan kita coretkan di kertas itu.

Yang mesti diperbaiki di 2012
 Hmmm kayaknya banyak banget yang harus diperbaiki di 2012 nanti. Yang paling utama saya mau BELAJAR. Saya gak pernah sadar kalo kata ini artinya ternyata luas dan tanpa ujung. Saya pengen bisa belajar lebih giat lagi buat ngehadepin SNMPTN tahun ini, karena itu adalah momen yang bakal nentuin bakal jadi apa saya di masa depan. 



Saya juga pengen banyak belajar dari orang lain, ternyata emang kalo kita sadarin banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil dari orang-orang di sekitar kita. Tinggal gimana caranya kita bisa nyatuin semua sifat baik itu di diri kita. Jujur hal ini bikin semangat baru karena sempet saya ngerasa puas banget dengan semua yang udah saya capai dan akhirnya saya ngerasa bingung apalagi yang saya tuju. Dan ternyata itu adalah salah satu hal yang harus diperbaiki juga, JANGAN PERNAH ngerasa puas, karena hidup ini adalah proses belajar tanpa henti. 

Hal lain yang butuh perbaikan juga adalah life skill. Mungkin aneh saya bilang gini, tapi biarpun saya udah pergi jauh sendirian ke Amerika selama setahun, saya masih hidup dalam dunia yang sangat nyaman. Terkadang saya gak sadar betapa berbahayanya dunia di luar. Karena itu mulai sekarang saya harus banyak belajar ilmu-ilmu kehidupan sehari-hari.


Perlakuan ke keluarga juga butuh perbaikan. Saya ngerasain banget kalo tanggung jawab saya bertambah sepanjang tahun ini dan tanggung jawab itu harus bisa saya ambil tanpa beban juga tanpa pamrih.

Satu hal yang penting banget juga. Saya pengen memperbaiki hubungan saya sama Aya.
Ya ini adalah tahun baru ketiga saya sama Aya, sebagai orang yang berbeda-beda. Dulu pertama kali waktu kami belum jadian, terus udah jadian, dan sekarang udah putus. Tapi jujur saya pengen banget memperbaiki dan ngebangun lagi hubungan bareng sama Aya. Karena jujur sampe sekarang belum pernah ada yang bisa ngegantiin dia. Yah semoga 2012 menjadi tahun yang lebih baik buat kami berdua juga :D

Ya akhirnya 2011 ini harus berakhir. 2011 yang penuh dengan pahit dan manis kehidupan akhirnya bisa ditutup dengan cukup baik.
Saya yakin tahun 2012 nanti bakal jadi tahun yang penuh perjuangan, karena itu mari kita nikmatin aja jangan dianggep beban, berusaha aja sekuat tenaga dan biar Allah yang nunjukin jalan mana yang terbaik buat kita. Emang kan hidup ini adalah perjuangan tanpa henti. Dan semua tantangan ini jadi suntikan motivasi baru buat hidup saya.

Semoga 2012 ini bisa menjadi tahun yang indah :)


New Year is only a new chapter of life. 
Nothing change, it's only a piece of paper.
You have the pen, you have the paper.
It's up to you what do you want with it.
Will you carve an achievement or a shame?
Will you draw a winner or a loser?
Will you be a struggler or a whiner?
It's your life, and it's all up to you.

Struggle for The Best Future!
Bandung, 1 Januari 2012
~Aditya Nugraha Nurtantijo~