Saturday, January 11, 2014

Small Step in 2013, Big Leap for 2014

Rupanya seperti biasa, setahun kembali berlalu. Waktunya untuk kembali merenung sejenak untuk beristirahat dari tekanan rutinitas yang begitu melelahkan, untuk duduk tenang, mengambil laptop kesayangan, dan refleksi. Refleksi di sini bukan massage atau reflexology. Refleksi di sini maksudnya adalah bercermin. Melihat diri kita dari pantulan yang kita fasilitasi. Pantulan yang jujur, apa adanya, tanpa kepalsuan apa-apa.


College
2013 ini saya melalui semester 3 kehidupan di FK Unpad yang sebenarnya cukup banyak tantangan! Sulit, rumit, tetapi menyenangkan dan menantang! Suasana perkuliahan banyak sekali yang membuat saya begitu betah di sini. Detailnya mungkin saya ceritakan di cerita masing-masing :D


Subject & Grade
Harapan saya di 2013 adalah, saya bisa naik tingkat 2 dan IP di atas 3.5.

Sayangnya harapan itu belum tercapai, dan sepertinya tidak akan tercapai dalam waktu dekat. Semester 3 ini menjadi semester yang cukup suram untuk dunia akademik saya. Entah saya yang masih belum mendapatkan metode belajar yang pas, atau saya terlalu asyik dengan dunia organisasi, atau saya belum bisa konsisten dalam belajar. Yang jelas, nilai saya tidak bagus. Saya harus mendapat D di beberapa pelajaran, serta remedial di SOOCA, ujian yang selama ini selalu menjadi penyelamat nilai saya. Alhasil, dipastikan remedial menunggu saya di penghujung tahun. 

Sesuatu yang miris, tapi tidak akan membuat saya patah semangat. Akademik bukan nomor satu untuk saya. Tapi saat saya tidak mendapatkan ilmu juga dari itu, itu menjadi sebuah masalah yang sangat besar. Saya benar-benar ingin 2014 nanti saya bisa mencicil perlahan pelajaran, serta tidak pernah terputus konsistensi dalam belajarnya. IP di atas 3.5 harus segera tercapai. Harus!

Organization
Ibarat reksa dana saham, organisasi ini adalah suatu produk yang memberikan keuntungan tertinggi, tapi dengan risiko yang sangat tinggi pula. Naik turun pun bukan sesuatu yang aneh, pasti terjadi.

Organisasi menjadi salah satu landmark besar di tahun 2013 ini. Keaktifan saya di Hubungan Luar PH Kema FK Unpad, Asy-Syifaa FK Unpad, Medical Music Symphony, Pingpong, Medicalympic, dan masih banyak lagi, menjadi hal-hal yang memberikan 2013 memiliki arti.

Saya menyadari bahwa begitu saya mencintai berorganisasi dan membangun sesuatu bersama-sama dengan orang lain. Hal ini sepertinya adalah sesuatu yang akan saya jaga terus sampai kapanpun.

Harapan saya, di 2014 ini, saya bisa memasuki sebuah organisasi yang sudah saya impikan sejak lama, Atlas Medical Pioneer. Satu organisasi yang telah membuat saya menolak berbagai macam amanah lain. Saya berharap ini bukan pilihan yang salah. Karena bagaimanapun, hati saya tak pernah mengatakan untuk memilih yang lain. Saya juga berharap bisa memberikan kontribusi besar di ISMKI Nasional sebagai bagian dari International Affairs. Tahun yang akan cukup menarik sepertinya :)

Activity
Kalau ada aktivitas baru, mungkin itu adalah lari! Ya, olahraga satu ini adalah olahraga yang paling saya benci pada awalnya. Tapi karena tuntutan AMP yang membutuhkan kekuatan lari yang prima, mau tidak mau saya harus melakukan persiapan. Aktivitas lain yang juga sangat meningkat intensitasnya di tahun ini adalah menonton film dan masak! Mungkin ini efek tinggal di Pinewood, yang memberikan ruang masak yang cukup, dan internet yang kencang untuk men-download film-film yang asyik. Hasilnya, waktu banyak terhabiskan untuk hal-hal seperti itu :D

Mudah-mudahan 2014 bisa diisi dengan lebih banyak olahraga dan hal-hal positif lainnya :)


Achievement
Pencapaian ya. Saking banyaknya yang terjadi di 2013, saya sampai bingung pencapaian terbesar yang saya raih di tahun ini apa. Mungkin boleh dibilang 2013  kemarin itu adalah tahun di mana saya meletakkan dasar-dasar karakter juga tujuan yang akan saya raih. Jadi mungkin hasil besarnya masih akan terlihat di kemudian hari, tidak di tahun tersebut.

Ada beberapa pencapaian yang saya inginkan di 2014. Yaitu, berhasil diterima sebagai Anggota Muda AMP XXII, serta mengikuti March Meeting atau August Meeting IFMSA. Mudah-mudahan dipermudah jalannya :)
  
Love
Kalau saya baca resolusi awal tahun 2013, saya bilang bahwa beberapa tahun ke depan saya belum ada rencana buat deket sama siapa-siapa lagi. Ya, itu karena saya nulisnya bulan Januari. Tapi ternyata sekitar bulan Maret, Allah berkata lain. Ternyata biarpun tidak pernah terpikirkan sebelumnya, saya bisa dekat kembali dengan seseorang :) Dan kali ini, hubungannya jauh lebih serius dan lebih terencana dari sebelumnya. Mungkin faktor paling besar kenapa bisa berhasil sejauh ini adalah karena saya tidak membutuhkan adaptasi sama sekali, hampir tidak perlu. Mungkin memang kesalahan-kesalahan di masa lalu adalah pelajaran untuk saya agar mencapai titik ini, di mana saya sudah cukup baik secara pikiran untuk menjalani sesuatu.

Di 2014 ini, mudah-mudahan yang kami rencanakan untuk tahun ini, dan tahun-tahun ke depan berjalan dengan baik, sesuai dengan rencana. Kalaupun tidak sesuai, mudah-mudahan diberikan rencana yang lebih baik :) 

Friendship
Teman adalah keran. Mungkin filosofi yang aneh, tapi teman adalah sebuah diafragma yang seringkali mengatur kehidupan kita dengan baik. Kapan kita harus mengeluarkan sedikit dari diri kita, kapan kita harus mengeluarkan banyak dari diri kita. Bukan hanya terlempar dengan liar dan sia-sia. 

Di 2013 ini saya belajar untuk mendapatkan teman-teman berkualitas. Kalau tahun-tahun sebelumnya saya mendapatkan teman dengan kuantitas yang tinggi, tapi dengan kedekatan yang dangkal. Tahun ini saya belajar untuk mendapatkan teman tidak terlalu banyak, tapi sangat dekat dan sangat mengerti.

Mudah-mudahan di 2014 ini saya bisa menjadi teman bahkan sahabat untuk orang-orang yang membutuhkan saya. Dan semoga saya pun memiliki orang-orang yang selalu tersenyum saat tahu bahwa saya butuh mereka.

Knowledge
Mencari pengetahuan itu bagaikan meminum air laut. Semakin banyak yang diminum, semakin haus kita akan hal tersebut. Banyak hal yang saya dapatkan, pengetahuan-pengetahuan organisasi dan antropologi yang sangat menarik. Serta yang tak lepas adalah pengetahuan agama. Semakin banyak saya membaca dan mencari tahu, semakin haus saya akan hal itu. Tapi ternyata waktu dan pikiran menyatakan saya perlu memberikan ruang untuk hal-hal lain.

Pengetahuan umum merupakan sesuatu yang menurun dengan drastis di 2013 kemarin. Pengetahuan umum yang biasanya merupakan sesuatu yang saya senangi, tiba-tiba menghilang seiring dengan isolasi saya di Jatinangor tercinta ini.

Di 2014 nanti saya ingin lebih banyak mengetahui isu-isu global yang terjadi di dunia ini, dan bagaimana sikap saya seharusnya menghadapi hal itu untuk masa kini dan masa depan.

Behaviour
Sikap sekali lagi adalah sesuatu yang sangat penting dijaga. Cara bicara, gesture, serta pilihan kata merupakan hal-hal yang sangat saya perhatikan. Semakin dewasa seseorang, katanya, semakin sensitif ia terhadap kata-kata yang menyinggungnya. Mungkin memang begitulah orang dewasa, punya ego yang jauh lebih besar sehingga harga dirinya mudah terluka dengan kata-kata kecil yang sebenarnya tidak terlalu signifikan. 

Sikap adalah sesuatu yang ingin saya improve lagi di 2014 ini, terutama bagaimana saya menempatkan posisi sebagai orang yang sejajar dengan orang lain, tidak di atas atau di bawah, tapi berdiri berdampingan.
 
Kedewasaan
Soal kedewasaan, seperti biasa tidak banyak berubah. Betapa pentingnya menjaga keseimbangan antara kekanak-kanakan dan dewasa. Betapa pentingnya menjaga semangat anak kecil dalam tubuh dan pikiran orang dewasa. Betapa pentingnya menjaga excitement anak kecil dalam ketenangan orang dewasa.

Keuangan
Nah, ini baru sesuatu yang fresh! Kalau selama ini saya tidak terlalu berpikir panjang soal keuangan, tahun ini menjadi tahun onset untuk perencanaan keuangan masa depan!

Di 2014 ini saya ingin memulai untuk belajar mengelola uang dengan baik, mengatur keuangan dengan baik, juga memulai investasi jangka menengah dan panjang. Mungkin ini didasari dari keinginan membangun keluarga, yang sepertinya tidak akan lama lagi :D mudah-mudahan di 2014 ini peletakan dasar-dasar keuangan bisa dimulai dengan baik :)

Kesehatan
Sehat sepertinya kalimat yang cukup mewakili 2013. Kondisi fisik yang meningkat karena latihan yang rutin juga asupan gizi yang lebih seimbang memberikan resultan yang sangat baik untuk diri saya. Sebagai calon dokter sepertinya sudah seharusnya memang saya menjaga tubuh dengan sebaik-baiknya :)
  
Kesan 2013
2013 adalah tahun organisasi. Mulai dari awal hingga akhir, 2013 dipenuhi dengan organisasi serta kepanitiaan. Benar-benar tahun di mana saya diperkenalkan dengan orang-orang baru, yang mempunyai pandangan baru serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tahun di mana saya disadarkan bahwa pada akhirnya saya harus memilih beberapa spesialisasi kehidupan yang harus saya pilih. Karena pada akhirnya masing-masing manusia mempunyai role masing-masing di masyarakat. Kita tidak harus menjadi segalanya, cukup menjadi apa yang kita cintai saja :)

2013 pun tentunya tidak lengkap tanpa kehadiran sahabat-sahabat saya. Mulai dari sahabat lama yang tak pernah hilang, serta sahabat-sahabat baru yang berdatangan dan mengisi ruang di hati di 2013 ini. Dan tentunya, satu sahabat, yang selalu menemani dalam segala aspek kehidupan, yang mudah-mudahan bisa selalu menjadi sahabat hidup saya. 2013 tentu tidak akan menjadi 2013 tanpa dia. My entire life would be different if I hadn't meet her. 

Jadi ternyata, segala kesedihan selalu ada agar kita mengerti bahwa ada rencana yang lebih baik, dan semoga 2013 ini menjadi sebuah halaman baru, awal dari sebuah buku baru yang kosong dan bisa dituliskan dengan apapun yang kita ingin. Semoga saya bisa menyimpan dengan baik buku-buku 1993-2013 dengan baik, di tempat yang aman, dan menulis dengan tenang 2014 dan lembaran-lembaran selanjutnya.

Yang mesti diperbaiki di 2014
Kalau saya boleh meramal, sepertinya tahun 2014 ini akan penuh dengan kegiatan AMP. Ya, karena memang itu adalah sebuah organisasi yang sudah menjadi passion saya, dan saya ingin serius serta prepared dalam menjalaninya. Mudah-mudahan AMP menjadi pilihan yang tepat dan saya bisa menjalaninya dengan sepenuh hati tanpa keraguan sedikitpun

2013 pun menyadarkan saya betapa saya harus memilih fokus dalam hidup saya, tidak bisa lagi saya memilih begitu banyak dan akhirnya hanya bisa setengah-setengah dalam menjalankan semuanya. Di 2014 ini saya ingin menetapkan fokus sehingga saya bisa menjalani semuanya dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

Saya juga ingin memiliki teman-teman yang lebih dekat, serta menjaga hubungan dengan teman-teman yang lama selama ini. Saya perlu membangun kembali hubungan dengan sahabat-sahabat yang terputus karena kesibukan selama di FK Unpad ini.

Mungkin di 2014 ini pertama kalinya saya merasa hidup serasa begitu banyak misteri. Mungkin karena terlalu banyak pilihan, terlalu banyak spekulasi, terlalu banyak variasi dalam kehidupan. Tapi mungkin itulah yang menjadikan hidup kita menarik. Itulah yang menjadikan hari kita menyenangkan. Saat kita membuka mata, dan tahu bahwa hari ini kita akan mendapatkan sesuatu yang baru. Itulah saat-saat di mana saya selalu bisa menjalani hari dengan senyuman. Menjalani hari dengan positif. Berjalan dengan langkah lebar, dengan postur yang tegap, dan tangan yang mengayun dengan pasti. Tantangan lah yang menjadikan hidup itu nyaman dan berarti. It is not about staying in your comfort zone, it's about expanding your comfort zone.

Banyak hal menarik dan kejutan menarik menunggu saya di 2014. And I can happily say, I can't wait for it :)


"Work for a cause, not for applause. Live life to express
not to impress. Don't strive to make your presence noticed,
just make your absence felt."

Semoga 2014 menjadi tahun yang berarti.

Jatinangor, 11 Januari 2014
Aditya Nugraha Nurtantijo

No comments:

Post a Comment